Kamis, 06 Januari 2011

Perumnas Bangun Rumah untuk TKI Hongkong


Perumnas Bangun Rumah untuk TKI Hongkong



Surabaya - Perum Perumahan Nasional (Perumnas) membangun perumahan untuk keluarga tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Hongkong.

"Tahun ini kami sudah merealisasikan 10 ribu unit rumah sederhana sehat untuk keluarga TKI Hongkong di Jawa Timur," kata Direktur Utama Perum Perumnas, Himawan Arief, di Surabaya, Selasa.

Sebanyak 10 ribu unit rumah untuk keluarga TKI Hongkong itu tersebar di Malang, Blitar, Kediri, dan Madiun.

"Pangsa pasar kami sesuai dengan jumlah TKI yang bekerja di Hongkong, yakni 150 ribu orang. Tapi untuk tahap awal ini, kami realisasikan 10 ribu unit dulu," katanya di sela-sela Rapat Kerja BUMN Kawasan Industri dan Perumahan itu.

Untuk selanjutnya, Perumnas akan membangun rumah untuk TKI Hongkong di Jawa Barat dan Jawa Tengah serta beberapa daerah kantung pengiriman TKI.

Selain TKI Hongkong, Perumnas juga akan membangun rumah untuk para keluarga TKI yang mengadu nasib di Taiwan, Korea Selatan, dan Timur Tengah.

Rumah itu pun dijual secara kredit dengan harga Rp55 juta per unit. "Untuk pembayarannya, kami bekerja sama dengan BNI," kata Arief menambahkan.

Saat ini pihaknya sedang mengupayakan kemudahan pembayaran uang muka kepemilikan rumah yang khusus untuk para TKI tersebut.

Pihaknya juga akan membantu para TKI yang mengajukan kredit kepemilikan rumah itu untuk mendapatkan subsidi uang muka dari pemerintah.

"Sebenarnya mereka itu tergolong masyarakat berpenghasilan rendah, tetapi karena mereka pekerja migran, pemerintah belum berani memberikan subsidi. Tapi, kami akan mengupayakannya," kata Arief.

Sumber:

Perumnas, perumahan,  rakyat, indonesia, tki, tkw, hongkong, property, realty, properti, korea, batam, babu, kepri,  kepulauan riau, perawat, pekerja, buruh,  migrant, migran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar